Makna, Keutamaan dan Hikmah Hijrah

Hijrah

Pengertian hijrah

Hijrah adalah menghindari/menjauhi diri dari sesuatu, baik dengan raga, lisan dan hati. Hijrah dengan raga adalah berpindahnya dari suatu tempat menuju tempat lain. Hijrah dengan lisan adalah menjauhi perkataan kotor atau keji. Sedangkan hijrah dengan hati adalah menjauhi sesuatu tanpa menampakkan perbuatan.

Makna hijrah menurut Al-Qur’an, adalah sebagai berikut:

1.Hijrah berarti mencela sesuatu yang benar karena takabur

2.Hijrah berarti pindah dari suatu tempat ke tempat yang lain untuk mencari keselamatan diri dan mempertahankan aqidah

3.Hijrah berarti pisah ranjang antara suami dan istri

4.Hijrah berarti memisahkan diri

 

Hijrah kepada Allah Ialah meninggalkan apa yang dibenci Allah menuju apa yang dicintai-Nya. Sedangkan hijrah kepada Nabi dan Rasul ialah meninggalkan seluruh pendapat manusia dan menjadikan Rosululloh sebagai hakim di dalam segala perkara yang diperselisihkan dalam perkara agama. Hijrah ini merupakan tuntutan syahadat Muhammad Rosululloh.

Keutamaan hijrah:

  • Mensucikan diri

Hijrah dalam arti untuk menjauhi diri dari perbuatan keji dan mungkar dan dari mengikuti perbuatan syirik dan dosa seperti yang dilakukan oleh orang musyrik. dan bersabar terhadap cacian, makian, siksaan, dan segala bentuk penolakan yang bersifat halus , dan menghindari mereka dengan cara yang baik. Hal ini juga diterapkan oleh Rasulullah saat beliau berdakwah kepada para sahabatnya hingga akhirnya beliau berhasil mencetak generasi yang berjiwa bersih, berhati suci, bahkan membentuk generasi yang ideal, bersih dari kemusyrikan. Hijrah ini juga sangat berat karena harus memiliki kesabaran agar tidak mudah terbujuk oleh godaan.

  • Pindah dari tempat ke tempat lain

Karena pengertian hijrah itu sendiri mayoritas adalah pindah dari tempat ke tempat yang lainnya.atau pun secara spesifik adalah pindah dalam arti ke tempat yang lebih nyaman untuk menjalankan syariat islam. Hijrah merupakan simbol iman yang hakiki karena seorang yang telah berhijrah berarti sudah mengikrarkan diri dengan beriman kepada Allah dan Rasul nya.

Hikmah hijrah:

  • hijrah sebagai tonggak kebangkitan Islam yang semula diliputi suasana yang tidak kondusif di Mekah menuju suasana yang baik di Madinah.

 

  • Hijrah mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa optimisme yang tinggi, semangat berhijrah dari hal-hal yang buruk ke yang baik, dan hijrah dari hal-hal yang baik ke yang lebih baik lagi. Meskipun melawan rasa sedih dan takut dengan berhijrah, karena harus meninggalkan tanah kelahiran,saudara dan harta benda mereka.

 

  • Hijrah mengandung semangat persaudaraan, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW pada saat beliau mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dengan kaum Anshar, bahkan beliau telah membina hubungan baik dengan beberapa kelompok Yahudi yang hidup di Madinah dan sekitarnya pada waktu itu.

Sumber:

https://hikmah32.wordpress.com/2009/12/18/memahami-makna-hijrah-relevansinya-saat-ini/

https://www.facebook.com/jomberhijrah01/posts/641989472541635